Tutorial Menggabungkan File dengan HJ-Split

HJ-Split adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menggabungkan atau memecah file film (avi,mkv,wmv,3gp, mp4) menjadi beberapa bagian. Aplikasi ini sangat ringan namun sangat berguna bagi anda penggemar film.
Mengapa file film tersebut perlu di pecah?

File film tersebut biasanya di pecah menjadi beberapa bagian dengan tujuan untuk mempermudah proses upload maupun download. Kita tahu bahwa ukuran file film cukup besar dari yang hanya 100mb hingga film berkualitas 3D dengan ukuran 5Gb. File-file besar inilah yang biasanya di pecah oleh para uploader film sehingga memudahkan proses upoadnya.


Pada saat kita downlaod film berbentuk file pecahan inilah kita perlu menggabungkannya kembali agar film tersebut bisa diputar oleh media player. Selain saya akan memberikan tutorial mengenai Cara Menggabungkan File Film Dengan HJ-Split, saya juga akan memberikan Tutorial Memecah Film menjadi Beberapa File Dengan HJ-Split. Langsung saja kita mulai tutorial yang pertama yakni Menggabungkan File Film Dengan HJ-Split.

Cara Menggabungkan File Film Dengan HJ-Split:
  • Download terlebih dahulu aplikasi HJ-Split yang kita perlukan di sini. (Download HJ-Split)
  • Setelah itu Extrak dan buka aplikasi HJ-Split yang kita download tadi.
HJ-Split
  • Setelah aplikasi terbuka, pilih menu join.
HJ-Split
  • Klik Input File dan cari dimana anda meletakkan file film yang tersimpan.
HJ-Split
Catatan:

Di sini hanya akan terlihat satu file saja yakni nama_file.mkv001 , tetapi pada kenyataannya terdapat 3-5 buah file. Pastikan ke semua file tersebut sudah memiliki nama yang sama namun ekstensi file tersebut urut, contohnya: 

nama_file.mkv001, nama_file.mkv002, nama_file.mkv003, nama_file.mkv004, nama_file.mkv005. Jika terdapat nama file yang tidak sama, rubah nama file tersebut dengan cara klik kanan rename, jika semua sudah normal langsung menuju ke tahap berikutnya.

  • Tahap terakhir yaitu klik Start dan tunggu hingga proses penggabungan selesai.
HJ-Split

Sangat mudah sekali menggabungkan file film menggunakan aplikasi HJ-Split, proses penggabungan pun hanya memerlukan waktu 1-5 menit saja. Tutorial selanjutnya ialah cara memecah file film menjadi beberapa bagian, aplikasi yang kita gunakan masih sama yakni HJ-Split. Langsung saja ikutu tutorial Cara Memecah File Film Menggunakan HJ-Split berikut.

Cara Memecah File Film Menggunakan HJ-Split:

  • Buka aplikasi HJ-Split, sekarang pilih menu split.
HJ-Split
  • Klik Input file dan cari dimana anda menyimpan sebuah film yang masih utuh.
HJ-Split
  • Pada kotak Split File Size isikan dengan 50 dan ganti satuannya menjadi Mbytes
HJ-Split
  • Klik Start dan tunggu hingga proses selesai, proses ini membutuhkan waktu 1-5 menit tergantung ukuran file
HJ-Split
  • Setelah selesai coba cek ditempat anda menyimpan file film tadi, disana akan ada 4-5 file yang telah berformat nama_file.mkv001nama_file.mkv002, nama_file.mkv003 dan seterusnya.

   Sumber : Trik-Biru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *